Google Docs untuk membuat Laporan
Untuk membuat laporan dengan Laptop atau komputer kita perlu menggunakan aplikasi pengolah kata yang diinstall di Laptop, salah satu pengolah kata yang banyak digunakan adalah Word atau Microsoft Word.
Bagaimana jika tidak punya Word atau aplikasi pengolah kata lainnya yang terinstall di Laptop?, apakah jadi alasan kita untuk tidak membuat laporan ?.
Tentunya kita tetap harus membuat laporan, kita bisa gunakan Docs atau dikenal dengan Google Docs.
Google Docs sama dengan Micorosft Word atau Word yang mampu mengolah kata dengan baik dan bisa digunakan untuk membuat laporan.
Kelebihan dari Docs
- Anda cukup punya akun GMail atau email google untuk bisa menggunakan Docs.
- tidak perlu diinstall di Laptop
- memiliki kesamaan dengan Word sehingga bagi pengguna Word bisa menggunakan pengolah kata ini dengan cara yang sama dengan cara menggunakan Word
- Aplikasi Google Docs tidak berbayar (gratis)
- Bisa digunakan untuk membuat laporan dengan cara berkelompok (kolaborasi), sehingga laporan kelompok bisa dikerjakan bersama-sama baik dalam waktu bersamaan maupun dalam waktu berbeda yang telah disepakati.
- Bisa dibuat dimana saja, kapan saja dan menggunakan Laptop atau PC punya siapa saja (dengan ijin).
![]() |
Google Docs |
Kekurangan dari Docs
- Harus ada akses INTERNET
- Kapasitas penyimpanan awan nya hanya maksimal sampai 2GB
- Sangat tergantung dengan kecepatan bandwidth jaringan internet, sehingga kemungkinan terjadi pada saat melakukan pengolahan kata harus menunggu sampai jaringan internet stabil.
Anda bisa memulai nya sekarang melalui laman docs.google.com, Anda hanya akan diminta akun email google untuk mulai menggunakan Docs, dan jika Anda tidak punya email google maka tidak perlu khawatir buat saja karena selain mudah juga hanya perlu waktu paling lama 5 (lima) menit untuk punya akun email google.
Semoga bermanfaat.