Seru belajar Digital Marketing
Seru belajar Digital Marketing
Hari ini saya berkesempatan diskusi online membahas tentang belajar Digital Marketing dari praktisi yang luar biasa dan kompeten dibidang digital marketing.
Beberapa hal yang saya sempat catat adalah bahwa konsep digital marketing merupakan cara bagaimana kita membuat konten marketing melalui media digital dan berhasil menghasilkan digital atau digit (dalam pengertian penghasilan berupa angka), atau kita berpenghasilan dari konten yang kita buat (mendapatkan pembayaran dari artikel yang kita buat) atau menghasilkan penjualan dari konten yang kita buat (misalnya konten yang kita buat dalam bentuk iklan).
Pertanyaan yang kerap menjadi hal yang sering ditanyakan dalam membuat sebuah sebuah produk digital marketing adalah Input nya apa ?, Output nya apa ?, Outcome nya bagaimana ?, apakah bisa menghasilkan Income ?
Sebelum kita mulai melakukan kegiatan digital marketing berikut ini adalah beberapa hal mendasar yang perlu diketahui :
- Pengetahuan tentang Produk yang akan dipasarkan
- Analisa Data Digital
- Konten Marketing
- Pemasaran Melalui Website
- Pemasaran Melalui iklan Berbayar
- Pemasaran Melalui Sosmed
- Pemasaran Melalui Marketplace
- Peta Digital / Listing Bisnis Lokal
- Copywriting yaitu kemampuan bagaimana menulis kembali artikel yang sudah ada dan dibuat dalam bentuk tulisan artikel yang hampir sama tapi memuat hal yang berbeda dari tulisan yang sebelumnya.
- Kemampuan membuat desain grafis yang memuat gambar atau foto untuk iklan
- Kemampuan membuat video yang memuat skenario untuk iklan
Satu hal lagi yang penting adalah bagaimana seorang digital marketing mampu menempatkan pembeli menemukan konten marketing yang dibuat, salah satu hal yang perlu dilakukan adalah membuat konten marketing kita ada di pencarian google dan mudah ditemukan, penulisan deskripsi konten marketing yang tepat, dan situs yang memudahkan calon pembeli berinteraksi khususnya pada para calon pembeli yang menggunakan smartphone.
Tambahan:
Bagaimana dengan keamanan produk digital dan lokasi digital dari klaim oleh orang yang tidak bertanggungjawab?, contoh misalnya saat kita memiliki toko menggunakan domain gratis misalnya google business, maka pastikan setelah ada verifikasi mengenai alamat toko dari google segera klaim atau validasi tokonya untuk memastikan toko kita tidak diklaim oleh orang lain, gunakan nomor hp pada toko online yang dibuat untuk memudahkan google melakukan verifikasi dan validasi terhadap alamat toko dan toko online yang kita sudah buat.
Sangat disayangkan saat kita memiliki toko online yang merupakan media sosialisasi tentang produk atau layanan jasa bisnis kita harus menjadi orang yang tidak bertanggungjawab.
Semoga bermanfaat.